Kamis, 20 September 2018

Bahaya Demam Tipes Pada Anak Sampai Ibu Hamil

Inilah Bahaya Demam Tipes Pada Anak Sampai Ibu Hamil dan Ibu Menyusui yang tidak diobati dengan cepat bisa berujung kematian. Tipes bisa terjadi pada semua usia, dan menyerang kapan saja. Salmonella typhi adalah bakteri pemicu utama datangnya tipes.

Tempat bakteri tipes berkembang di dalam air yang terkontaminasi dengan fases dan bisa menempel pada makanan atau minuman. Sehingga kuman ini masuk melalui mulut, kemudian menyebar ke lambung dan usus halus dan menyebabkan peradangan.

Inilah mengapa anak sering dilarang untuk tidak jajan sembarangan bahkan pada orang dewasa sekalipun. Kondisi ini lebih rentan terjadi pada anak-anak dibanding orang dewasa, terutama saat daya tahan tubuh mereka sedang lemah.

Berikut Deretan Komplikasi Serius Demam Tipes 

Bahaya Demam Tipes Pada Anak Sampai Ibu Hamil


  • Miokarditis adalah peradangan terjadi pada bagian otot jantung. Bakteri tipes yang sudah menyebar ke jantung, biasanya ditandai dengan nyeri pada bagian dada saat bernafas, detak jantung yang tidak normal, pembengkakan, serta kulit terlihat pucat. 
  • Endokarditis yakni peradangan yang terjadi pada bagian selaput dan katup jantung. Kondisi ini bisa membawa risiko serangan jantung, kerusakan hati hingga gagal jantung.
  • Bagian pankreas yang berfungsi untuk menghasilkan hormon dan enzim yang sangat penting untuk mengatur proses pemecahan gula menjadi sumber tenaga juga bisa ikut terinfeksi bakteri tipes. Bahaya tipes sudah menyerang pankreatitis menyebabkan kista pada pankreas, gangguan pernafasan, ginjal, kanker, serta malnutrisi.
  • Organ tubuh lain yang ikut terpengaruh bakteri tipes adalah paru-paru. Peradangan paru-paru akibat tipes biasanya berisi nanah, cairan atau lendir
  • Saat gejala tipes sudah parah dan tidak dapat dikendalikan, usus bisa pecah dan mengalami pendarahan yang secara medis kondisi ini disebut perforasi usus. Keadaan ini dapat menyebabkan isi dalam usus bocor atau keluar ke rongga perut, kemudian menyebabkan infeksi.
    Jika rongga perut sudah terinfeksi, hal ini akan mengembangkan peritonitis yakni infeksi pada jaringan yang melapisi bagian dalam perut. Dampak infeksi peritonitis bisa berakhir menyebabkan semua organ berhenti berfungsi.

Tipes saat hamil muda bisa berisiko mengalami keguguran. Hal ini telah diungkap oleh beberapa penelitian melaporkan bahwa infeksi ini dapat menyelinap ke dalam plasenta sehingga memengaruhi kesehatan bayi. Menurut sebuah penelitian terbitan jurnal Obstetric Medicine, tipes saat hamil bisa meningkatkan risiko keguguran atau melahirkan bayi yang juga mengalami demam tifoid. Tipes saat hamil juga diperkirakan dapat meningkatkan risiko melahirkan prematur dan bayi dengan berat badan rendah.


Sedangkan tipes pada ibu menyusui bisa merusak kualitas ASI menjadi buruk. Bakteri akibat tipes yang menyebar ke ASI, bisa meracuni bayi dalam bentuk muntah dan terserang diare

Tipes tak segampang yang kita pikirkan, bakteri yang menjadi penyebabnya tentu dikatakan sangat berbahaya karena bisa menular baik di dalam tubuh maupun pada orang lain. Sehingga perawatan tipes harus dilakukan secara tepat, agar semua bakteri yang tinggal dalam tubuh dipastikan terbunuh dan tidak akan berkembang lagi dikemudian hari.

ketika pengobatan sedang berlangsung, penderita disarankan untuk banyak istirahat di tempat tidur serta mengonsumsi air putih. Asupan makanan serat biasanya tidak anjurkan, alasannya karena sulit untuk dicerna oleh usus yang sedang luka akibat infeksi

Itulah sedikit informasi bagaimana bahaya bakteri penyebab tipes dalam tubuh. Semoga artikelnya bermanfaat dan salam sehat, by OBAT DEMAM ANAK

Baca juga :
Bahaya Demam Tipes Pada Anak Sampai Ibu Hamil

Tidak ada komentar:

Posting Komentar